Cara Pengelolaan Sewage Treatment Plant (STP)

Posted by

Memanfaatkan limbah menjadi sesuatu yang berguna, adalah tindakan yang sangat bijaksana. Reuse atau menggunakan kembali hasil olahan limbah, ternyata dapat dilakukan tidak hanya untuk limbah kering saja, tetapi juga limbah cair.

Di beberapa gedung, air hasil pegelolaan dapat digunakan untuk menyiram tanaman, fasilitas pencucian mobil, adalah hasil air limbah yang telah diolah.

Merujuk Peraturan Gubernur DKI Jakarta No 122 tahun 2005, tentang tata cara membuang air limbah ke saluran kota, maka pengelola gedung melakukan treatment, untuk mengolah air limbah melalui proses recycling. “Proses recycling air limbah domestik atau Sewage Treatment Plant (STP) dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain 'Rotor disk atau Konventional/Extended aeration.

Rotor disk adalah sistem di mana pemberian oksigen bagi bakteri dengan cara membiakan bakteri yang menempel pada disk sehingga bakteri akan kontak dengan oksigen, sedang pada saat bakteri ada di dalam cairan mereka akan makan kotoran yang ada pada cairan tersebut.

Sementara Konventional/Extended aeration, suatu sistem di mana pemberian oksigen dilakukan dengan cara menyemburkan oksigen ke dalam cairan dengan mengunakan blower. Pada sistem ini diperlukan area yang luas.

Lebih jelasnya kami akan menjabarkan, me-ngenai tahap-tahap pengolahan air limbah melalui STP.
  • Tahap Pengolahan STP.

1. Pre treatment.

Pada tahap ini dilakukan pemisahan padatan berukuran besar ataupun grease, agar tidak terbawa pada unit pengolahan selanjutnya, agar tercipta performa pengolahan yang optimal. Air dialirkan lewat inlet chamber di mana ada screen yang dapat menyaring benda padat. Selanjutnya air masuk ke grease trap yang berguna untuk memisahkan lemak yang dapat mengganggu proses biologi. Kemudian air akan menuju ke primary clarifier.

2. Primary clarifier.
Pada proses ini terjadi pemisahan partikel yang mengendap secara grafitasi (suspended solid) sehingga mengurangi beban pengolahan pada unit selanjutnya. Pada proses ini berguna untuk membuat aliran jadi lebih tenang dan aliran dapat stabil.

Rotating Biological Contactor (RBC). Proses pengolahan yang di lakukan adalah untuk menurunkan BOD (bio-chemical oxygen demand) dan COD (chemical oxygen demand) yang ada pada air limbah, sehingga dapat memenuhi kualitas air yang layak untuk kita buang ke saluran kota, Pengolahan polutan dilakukan oleh mikroorganisma yang melekat pada permukaan disk yang berputar.

Perputaran ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan oksigen untuk kehidupan mikroorganisma dan mencegah terjadinya kondisi anaerob yang dapat menimbulkan bau. Pada saat disk berputar terjadi kontak biomass yang dengan oksigen pada saat disk menyembul di permukaan dan terjadi kontak pada material organik yang ada pada air limbah untuk menjadi makanan pada saat disk terendam. Jadi bila diskterlihat kotor jangan dibersihkan karena sebenarnya itu adalah bakteri.

3. Final Clarifier.
Unit ini berfungsi sebagai clarifier akhir untuk mengendapkan partikel-partikel yang masih belum terendapkan, serta biomass yang telah mati.

4. Disinfeksi.
Pada proses ini dilakukan penginjeksian chlorine yang bertujuan membunuh bakteri-bakteri patogen yang ada.

5. Effluent Tank.

Air yang telah kita olah akan dialirkan menuju effluent tank untuk selanjutnya dibuang pada saluran kota. Sebagian air ini dapat kita proses lagi untuk keperluan recycling yang dapat kita gunakan untuk menyiram taman dan air cuci kendaraan.

6. Sand Filter.

Air dari effluent tank kita alirkan ke sand filter menggunakan pompa, pada proses ini air akan di saring oleh pasir silika yang berfungsi menyaring padatan yang masih terbawa pada sistem, dan juga untuk menurunkan kekeruhan yang ada. Pada proses ini yang harus di perhatikan adalah perbedaan tekanan aliran masuk dan keluar. Bila tekanan lebih dari tekanan yang ditentukan, maka perlu kita lakukan proses back washing. Yang berfungsi untuk mencuci kembali sand filter yang ada. 

Setelah melewati proses di atas maka diharapkan kadar BOD dan COD dapat memenuhi standar air buang yang telah ditetapkan pemerintah, sehingga air buangan kita tidak mencemari lingkungan. Sedangkan proses pengolahan kembali akan membuat kita ikut menjaga kelestarian alam dengan melakukan penghematan air, dengan demikian akan ikut melestarikan lingkungan hidup kita.

  • Perawatan STP.
1. Periksa harian kondisi basket screen dan bila ada kotoran bersihkan, hal ini agar aliran air limbah dapat lancar ke proses STP. 
2. Bersihkan grease trap dari lemak. Apa-bila terlalu lama maka lemak akan mengeras. Dan bisa menyebabkan bau, jika pemakaian atau kapasitas air limbah besar maka bisa kita lakukan pengangkutan lemak secara harian.
3. Pengangkutan lumpur kita lakukan setahun sekali atau dua kali tergantung beban limbah.
4. Pemeriksaan dan pemeliharaan rutin pompa, pompa submersible, gearbox, penambahan pelumas pada bearing kita lakukan rutin 3 bulan sekali.
5. Pengecekan rantai dan komponen transmisi yang ada tiap 3 bulan sekali. 
6. Backwash sand filter dan karbon filter setiap minggu atau menurut kondisi filter yang ada, hal ini dapat kita lihat dari tekanan pada pressure gauge. 
7. Pengecekan air limbah ke BPLH tiap 3 bulan sekali.
          
Sumber : http://engineeringbuilding.blogspot.co.id

Untuk lebih jelas lagi silahkan menghubungi kami. Terima kasih.


Blog, Updated at: 05.43

2 komentar:

  1. Lanjutkan Mas Bro, semoga sukses. Jangan lupa kunjungi juga blog saya ya ?

    BalasHapus
  2. Ayo segera bergabung bersama kami di serasiqq Agen Poker & Domino QQ Online TERBAIK dan TERPERCAYA Se-ASIA
    Nikmati promo-promo menarik dari kami ;
    -BONUS CASHBACK TERBESAR mencapai 0.5% TANPA SYARAT
    -BONUS REFERRAL 10% SEUMUR HIDUP
    -EXTRA BONUS REFERRAL 10%
    Kelebihan serasiqq :
    * Minimal Deposit sangat TERJANGKAU, Hanya Rp. 10.000,-
    * Minimal Wd Rp. 20.000,-
    * Tidak ada maksimal Withdraw (menang berapa aja pasti di bayar)
    * Jackpot hingga Ratusan JUTA rupiah
    * Proses Depo dan WD SUPER CEPAT
    * Bisa dimainkan di Android, Iphone dan Ipad
    * CS yang Ramah dan Profesional siap melayani 24jam Online
    * Dalam 1 ID dapat memainkan 7 Games : Aduq, bandarQ, Domino QQ, Poker, capsa, BandarPoker dan sakong
    * Transaksi via BCA, MANDIRI, BRI dan BNI
    * 100% TANPA ROBOT Real Player vs Player
    Mari bergabung dengan kami "serasiqq"
    Agen Poker dan Domino Terbaik dan Terpercaya
    Penasaran mau daftar ?
    Untuk info selengkapnya silahkan hubungi kami di :
    - PIN BB : 22BE23ERD
    - YMail : cs_serasiqq@yahoo.com
    - LINE : serasiqq

    BalasHapus


page counter

Video

Popular Posts